Introduction

Kolom analisis dalam blok ini merupakan ringkasan dari berbagai macam berita yang dikumpulkan dari berbagai macam media online yang sudah dipilih. Pemilihan media berdasarkan popularitas media tersebut dan mengacu pada besarnya korporasi media tersebut dalam hal ini media cetaknya. Ukuran popularitas ditentukan secara subjektif oleh pengelola blog. media cetaknya adalah media nasional. tapi ada beberapa media online yang terkenal tapi tidak mempunyai jenis cetaknya.
Lima media online tersebut adalah kompas.com, tempo.co, detik.com. replubika.or.id, okezone.com. beberapa media tersebut mempunyai versi cetak, seperti kompas, tempo, okozone, dan replubika. Tentu media online berbeda dengan media cetaknya secara konten dan up to date berita. Karena media online bisa up date berita setiap saat sedangkan media cetak tidak. Berpedaan inilah yang kemudian menjadi alasan kuat untuk merangkum berita online. Seperti menyaring berita yang masuk setiap hari.
Kolom news akan berisi beragram tema berita. Tidak ada kategori yang spesifik. Bisa jadi yang dimasukkan dalam kolom news politik, budaya, pendidikan, ekonomi, dan social. isinya seperti melihat bagaimana pada umumnya media melakukan framing terhadap isu-isu tertentu.
Ideanya semacam analisis isi berita dengan tema yang sama dari berbagai macam media online nasional. analisis di sini tidak secara spesifik seperti sebuah kegiatan akademis. Hanya semacam ringkasan pendek dengan memberikan sedikit artikulasi. harapannya menjadi acuan masyarakat dalam mempertimbangkan pemberitaan di media. Masyarakat tidak terombang-ambing dengan berbagai macam pemberitaan yang tentunya dengan framing yang berbeda-beda dengan isu yang sama.
Ide ini tentu jauh dari sempurna dan sangat mungkin menimbulkan berbagai macam kritik. Saya tidak sungkan dan marah jika ada kritik yang ditujukan kepada blog ini. justru saya juga berharap teman-teman juga bisa memberikan kontribusi. Demikian prolog kolom news

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s