Membekali Diri di Zaman Modern


Judul: Orang Muda Mencari Jati Diri Di Zaman Modern
Pengarang : Paul Suparno
Penerbit : Kanisius
Cetakan :I, 2011
Tebal : 336 halaman

Apakah itu zaman modern? Semua pasti sepakat bahwa Zaman modern adalah zaman dimana manusia mengalami kemajuan luar biasa dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi. berbagai macam fasilitas, sarana dan prasarana berkat kemajuanteknologi semakin beragam dan canggih yang berhasil membantu manusia untuk semakin mudah menjalani hidup, baik dalam hal pekerjaan, mendapatkan hiburan, dan kepuasan. Bahkan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi telah mempersatuakan masyarakat dunia menjadi masyarakat global.

Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan di zaman modern memang sangat beragam dan menggiurkan. Ibaratnya kalau kita pergi ketoko yang serba lengkap maka kita akan menemukan berbagai macam barang yang sangat menarik dan sangat menggoda. Maka kita harus mempunyai skill bagaimana memilih barang yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Tidak jarang orang salah memilih dan akhirnya kecewa dengan pilihannya. Maka apa yang perlu kita siapkan untuk menghadapi zaman modern yang gemerlap dengan berbagai macam pilihan?

Setidaknya pertanyaan itu ingin dijawab oleh Paul Suparno, SJ. Dengan menulis buku “Orang Muda Mencari Jati Di Zaman Modern” mencoba memberikan analisis dan masukan bagaimana seharusnya anak muda hidup dizaman modern. Sepertinya ada sebuah keganjilan, ketika bangsa mengalami uforia reformasi dan kebebasan justru banyak dari kalangan muda terjebak dalam pergaulan bebas, narkoba, tawuran, dan berbagai tindak kriminalitas. Berarti ada indikasi para pemuda mengalami degradasi moral. Padahal posisi pemuda dalam kehidupan berbangsa adalah sebagai generasi penerus bangsa di masa depan.

Disetiap zamannya anak pemuda dikenal sebagai orang yang mempunyai semangat yang menggebu-gebu, rasa ingin tahu yang besar, serta ingin mencoba-hal hal yang baru. Mereka masih mencoba mencari jati diri. siapa diri mereka? Kenapa mereka dilahirkan? Apa tujuan hidup mereka? Dalam fase tersebut pemuda akan mencoba berbagai hal.

Di zaman modern berbagai rasa ingin tahu, dan penasaran akan sangat muda terpenuhi. Ini tidak lepas dari fasilitas-fasilitas yang ditawarkan. Agar mereka tidak terlepas dari real awal mereka dalam mencari jati diri maka dalam buku ini memberikan tiga tawaran yang perlu dikenali dan dikembangkan oleh para pemuda.

Tiga syarat pokok

Lalu apa yang perlu di punyai pemuda sebagaimana Paul Suaprno, SJ jawab. Pertama, para pemuda perlu mengembangkan sikap dan karakter pribadi. Sikap dana karakter pribadi meliputi, cara berfikir, sunguh-sungguh, unggul, jujur, dan yang pasti mengenali dirinya sendiri. Fakta yang tidak boleh kita kesampingkan adalah banyak pemuda yang tidak mengenal dirinya sendiri sehingga mereka gampang sekali terombang-ambing. Akibtanya mereka sering sekali salah melangkah.

Salah satu potongan cerita dalam buku ini menyugukan andi. Sebagasi salah satu mahasiswa perguruan tinggi andi mengikuti berbgai mamcam kegiataan. Tapi ketika ditanya oleh temannya andi nanti jadi mau apa setelah lulus justru jawaban yang kaluar adalah tidak tahu. Dia mengatakan bahwa dia masuk Fakultas Ekonomi hanya mengikuti temannya. Kasus yang dialami andi ini juga terjadi kepada mahasiswa yang lain. sehingga tidak heran di Indonesia banyak pengangguran. Mungkin mereka mengalami kebingungan mengenai tujuan hidup mereka, sehingga tidak tahu setelah lulus mau jadi apa?

Kedua, para pemuda harus mengembangkan sikap dan karakter social. Sikap dan karakter social terwujud melalui kepekaan pemuda terhadap permasalah fenomena di sekitanya lingkunganya baik secara konteks masyarakat maupun negara. Kepekaan tersebut Wujudnya bisa berbagai macam, misal, berbelasa rasa, toleransi, berdemokrasi, bermanfaat bagi yang lain, nasionalisme, dsb.

Kisah menatik di perlihatkan oleh pendaki gunung. Sorang pendaki gunung dalam perjalanannya bertemu dengan sorang tua rentah dengan membawa biji pohon ek. Pohon ek merupakan jenis tumbuhan yang tumbuh dengan batang dan daun yang lebat. Pendaki itu bertanya kepada tua rentah, untuk apa membawa biji pohon ek? Dengan tenang dan damai orang tua tersebut menjawab, “walaupun sudah tidak punya anak atau istri tapi aku ingin melakukan hal yang berguna dalam hidupku.” 20 tahun kemudian pendaki itu ketempat yang sama, dan betapa dia sangat terkejut pohon ek yang ditanam orang tua dulu itu sudah tumbuh dengan tinggi dan lebat. Cerita ini menunjukkan kesungguhan orang tua tadi menjadi orang yang bisa memberi manfaat terhadapa lingkungannya.

Ketiga, para pemuda harus mempunyai landasan hidup batin. Landasan hidup batin merupakan kebutuhan manusia akan kasih dan rahmat Tuhan. Tuhan bagi manusia merupakan spirit dan penolong. Untuk setiap manusia menjadikan Tuhan sebagai temapat untuk mendapatkan ketentraman dan kedamiaan. Setiap pekerjaan ketika di ikuti dengan landasan hidup batin akan mejadi lebih bermakna dan berkesan.

Sekiranya tiga rekomendasi yang diberiakan oleh Paul Suparno, SJ. menjadi bahan perenungan. Apakah memang dalam konteks zaman modern seprti sekarang para pemuda perlu berkacah apakah mereka dengan berbagai macam fasilitas menjadi lebih baik atau justru menjadi budak kemajuan zaman. Kalau memang yang terjadi adalah sebaliknya buku sangat pantas untuk dibaca. Setidaknya buku ini sangat cocok untuk dibaca kalangan orang tua khususnya anak muda yang masih mencari jati diri.

3 thoughts on “Membekali Diri di Zaman Modern”

  1. Minta Izin Numpang Promosi ya…

    LOWONGAN KERJA SAMPINGAN GAJI 3 JUTA /MINGGU

    Kerja Management dari program kerja online (Online Based Data Assignment Program / O.D.A.P) MEMBUTUHKAN 200 KARYAWAN diseluruh indonesia yang mau kerja sampingan online dengan potensi penghasilan 3 JUTA/MINGGU+GAJI POKOK 2 JUTA/BULAN, Tugasnya hanya ENTRY DATA, per entry @10rb, Misal hari ini ada kiriman 200 data dari O.D.A.P yang harus di ENTRY berarti kita dapat hari ini @10Rb x 200 = 2 JUTA. “BILA ANDA DAFTAR SEKARANG KAMI AKAN BERIKAN Rp 200.000 Untuk menambah semangat kerja Anda”. Lebih Jelasnya kirimkan (NAMA LENGKAP & EMAIL ANDA) Melalui WebSite http://www.penasaran.net/?ref=cdizbb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s