Kebangkitan Gelombang Tiga (Bangsa-Bangsa Asia)


Siapapun tahu dengan olahraga tinju. Mulai dari pelosok desa sampai kota. Dari pelaku olahraga sampai orang biasa. siapa yang tidak kenal myteson, holifil, bahkan petinju lgendaris mohammad ali. Ya tinju memang sangat familiar. Walaupun terkadang beberapa orang menganggap tinju sebagai olahraga yang tidak rasional.
Selama ini para juara dunia tinju kebayakan dari Amerika Latin dan Amerika. Sebut saja Mytison, Hollifield, Mohammad ali, mereka semua adalah para juara yang berasal dari Amerika. Terkadang muncul beberapa petinju dari mexico, Afrika dan Eropa. Namun jarang menemukan salah satu juara dunia dari benua asia.
Tapi diabad ini perlu kita berfikir ulang, dan mengotak-atik fakta yang berkembang di Negara-negara Asia. Saya yakin kita semua mengetahui fakta-fakta tersebut.

Nah bagi saya seolah-seolah kebangkitan negara-negara Asia mulai muncul. Tidak ada salahnya disini saya mencoba untuk menarik sebuah kebanggaan sebagai salah satu warga negara yang ada di asia. Selama bertahun-tahun bahkan berabad-abad negara barat menganggap negara asia sebagai negara yang tenggelam dengan adar budaya timur yang terbelakang. Terbelakang dalam hal ekonomi, teknologi. Bahkan sejarah mencatat negara-negara asia menjadi tempat yang nyaman bagi kolonisasi bangsa barat. Kebangkitan itu bisa kita lihat dari beberapa gakta yang ada.
Pertama, kebangkitan dari bidang ekonomi. Keterpurukan ekonomi amerika menunjukkan bagimana rapuhnya ekonomi liberal yang selama ini di agungkan oleh para negara-negara barat. Hal ini terbalik dengan perkembangan ekonomi yang ada di asia. Sebagai negara berkembang negara-negara asia mulai bisa mengembangkan sistem ekonomi sosialis. Dalam hal ini pemerintah ikut campur terhadap dunia pasar. Artinya perekonomia tidak hanya mengembangkan jaringan usaha-usaha besar tapi juga memaksimalkan usaha-usaha kecil.

Dalam pertemuan G20 menyimpulka bahwa asia mulai menjadi pusat perekonomian dunia. Untuk itu negara-negara barat terutama eropa mulai menjadi hubungan baik dengan negara-negara asia. Contoh nyata adalah bagaimana china muncul sebagai salah satu kekuatan perekonomian dunia dengan surplus anggaran mencapi 1 triliun $. India yang berkembang pelan tapi pasti mulai bisa berbicara dipanggung dunia. Sementara jepang, korea, Arab Saudi semakin nyaman degan perkembangan ekonominya. Bahkan negara-negara di timur tengah muncul menjadi kekuatan ekonomi baru melalui minyaknya. Dan masih memungkinkan negara-negara yang lain terkena imbas hawa posistif perkembangan ekonmi asia.

Kedua, di bidang teknologi. Beberapa negara asia sudah bisa mengimbangi teknologi negara-negarabarat. Fakta yag paling riil adalah Iran. Dengan berani dan siap mereka telah mengembangkan teknologi nuklir sebagai sumber energy baru. Sementara, china, jepang, dan korea, semakin maju dan menjadi pusat perkembangan teknologi di asia.

Ketiga, di bidang olahraga. Kita patut berbangga dalam pesta olahraga sedunia Asia menjadi juara umum. pada olimpiade Beijing negara china berhasil menjadi juara umum. Presatasi ini patut kita banggakan karena selama ini olimpiadae selalu dikuasai oleh amerika serikat dan sekutunya. Memang dalam beberapa olahraga yang lebih spesifik seperti sepakbola asia masih belum bisa berbicara banyak. Tapi ingat korea selatan pada piala dunia 2002 berhasil menjadi finalis. Dan dalam pertandingan ersahabatan jepang berhasil mengalahkan argentina 1-0.

Hari ini patut kita berbangga dengan petinju asal asia packman. Sebelumnya dia telah menjadi orang asia pertama dan dalam sejarah tinju dunia menjadi jaura dunia di tujuh kelas yang berbeda. bahkan pada hari ini minggu 14 november 2010 berhasil mengukuhkan dominasi dengan mempertahankan juara dunia dengan mengalahkan petinju asal mexico margarita.

Sungguh manusia ang patut dibanggakan. Dari fisik kala tinggi, para pengamat pun tidak menjagokannya, tapi perjuangan dan semangatnya luar biasa. patut menjadi inspirasi kita semua. Terutama kita orang asia. Saya khususkan orang Idonesia dan tentunya para atlit asian games. Senadainya saudara-saudara yang tadi melihat, tataplah diri kalian sebagai diri sendiri, seorang anak ndonesia yang telah berlatih dengan gigih. Dan bertanding untuk negara. Lupakan superioritas negara lain, buktikan kita bisa. Kalau packman bisa menepis semua keraguan para pengamat kenapa kita tidak bisa.

Ingat siapa yang sungguh-sungguh pasti akan berhasil. Jika belum berhasil berarti keberhasilan itu belum saatnya datang. Pasti suatu saat datang. Tapi kita tidak boleh menunggu. Tunggulah dengan perjuangan dan do’a. ayo berjuang!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s